Optimasi Mesin Pencari Untuk Situs Web Dinamis

By | December 8, 2021

updetan.com merupakan portal berita yang ditujukan untuk hiburan, merangkum semua informasi seputar teknologi, Sosial media, gadget, olahraga hingga berita selebriti Indonesia maupun mancanegara yang di himpun dari berbagai sumber yang bisa dipercaya dan dipertanggung jawabkan. Kami akan terus berupaya untuk menyajikan berita yang menarik dan seakurat mungkin, dengan update isi dan materi setiap hari.

Apa itu “Situs Web Dinamis”? Situs web dinamis adalah situs web yang halamannya dihasilkan dengan cepat. Tidak seperti halaman statis (terutama halaman .htm / .html), halaman dinamis dihasilkan ketika pengguna memicu tindakan melalui halaman tertentu.

Berikut adalah contoh URL dinamis –

http://www.bbc.co.uk/cgi-bin/search/results.pl?q=%22dynamic+websites%22&tab=news&go=homepage

Seperti contoh di atas dari www.bbc.co.uk, bagian dinamis (mis. Bagian) dari URL yang berubah sesuai permintaan surfer adalah bagian setelah tanda tanya (?)

12 Tips Optimasi Mesin Pencari Penting untuk Situs Internet Anda -  Berwawasan

Apa masalah yang dihadapi mesin pencari dalam mengindeks URL Dinamis?

1. Mesin pencari sering menganggap URL dinamis sebagai satu set tautan yang tak terbatas.

2. Karena URL dinamis menemukan aplikasi maksimum dalam keranjang belanja online, ada kemungkinan memasukkan id sesi ke halaman tertentu. Sebagai id sesi dari perubahan halaman tertentu, spider mesin pencari perlu mengindeks jumlah tak terbatas salinan dari halaman yang sama, yang merupakan tugas Hercules untuk mereka.

3. Melanjutkan dengan logika yang sama seperti yang ditunjukkan pada poin # 2, pengindeksan halaman dinamis yang sama mungkin membebani server mesin pencari dan karenanya mencegah mesin pencari untuk menyajikan informasi yang paling relevan dalam waktu secepat mungkin.

Inilah yang dikatakan Google tentang pengindeksan situs web dinamis –

Alasan situs Anda mungkin tidak dimasukkan: Halaman Anda dihasilkan secara dinamis. Kami dapat mengindeks halaman yang dibuat secara dinamis. Namun, karena perayap web kami dapat dengan mudah membanjiri dan menghancurkan situs yang menyajikan konten dinamis, kami membatasi jumlah halaman dinamis yang kami indeks. (Sumber – http://www.google.com/webmasters/)

Apa saja pilihan yang Anda miliki untuk membuat indeks mesin pencari spider URL Dinamis Anda?

1. Penggunaan perangkat lunak – Exception Digital Enterprise Solutions (http://www.xde.net) menawarkan perangkat lunak yang dapat mengubah URL dinamis menjadi yang statis. Dinamai XQASP, itu akan menghapus “?” di String Kueri dan ganti dengan “/”, sehingga memungkinkan spider mesin pencari untuk mengindeks konten dinamis.

Contoh –
http://www.my-online-store.com/books.asp?id=1190 akan berubah menjadi
http://www.my-online-store.com/books/1190.

Yang terakhir menjadi URL statis, dengan mudah dapat diindeks oleh spider mesin pencari.

2. Penggunaan skrip CGI / Perl – Salah satu cara termudah untuk mendapatkan situs dinamis Anda diindeks oleh mesin pencari adalah menggunakan skrip CGI / Perl. Path_Info atau Script_Name adalah variabel dalam aplikasi dinamis yang berisi alamat URL lengkap (termasuk informasi string kueri).

Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus menulis skrip yang akan menarik semua informasi sebelum string kueri dan mengatur sisa informasi sama dengan variabel. Anda kemudian dapat menggunakan variabel ini di alamat URL Anda.

Contoh – http://www.my-online-store.com/books.asp?id=1190

Saat Anda menggunakan skrip CGI / Perl, bagian kueri dari URL dinamis diberikan sebuah variabel.
Jadi, dalam contoh di atas “? Id = 1190” ditugaskan sebuah variabel, katakan “A”. URL dynamuc http://www.my-online-store.com/coolpage.asp?id=1190
akan berubah menjadi http://www.my-online-store.com/books/A melalui skrip CGI / Perl yang dapat dengan mudah diindeks oleh mesin pencari.

3. Mengkonfigurasi ulang server web Anda –

(i) Apache Server – Apache memiliki modul penulisan ulang (mod_rewrite) yang memungkinkan Anda untuk mengubah URL yang berisi string kueri menjadi URL yang dapat diindeks oleh mesin pencari. Modul ini, bagaimanapun, tidak diinstal dengan perangkat lunak Apache secara default, jadi Anda perlu memeriksa dengan perusahaan hosting web Anda untuk instalasi.

4 Elemen Penting Desain Website Yang Hebat - Darmanto.com

(ii) ColdFusion – Anda harus mengkonfigurasi ulang ColdFusion di server Anda sehingga “?” dalam string kueri diganti dengan ‘/’ dan meneruskan nilainya ke URL.

4. Pembuatan Halaman Statis yang ditautkan ke berbagai Halaman dinamis –

Pendekatan ini sangat efektif, terutama jika Anda adalah pemilik toko online kecil yang menjual beberapa produk online. Buat saja halaman statis yang menghubungkan ke semua halaman dinamis Anda. Optimalkan halaman statis ini untuk peringkat mesin pencari.

Sertakan judul tautan untuk semua kategori produk, tempatkan tag “alt” yang sesuai untuk gambar produk bersama dengan deskripsi produk yang mengandung kata kunci yang sangat populer yang relevan dengan bisnis Anda (Anda dapat melakukan riset kata kunci untuk situs Anda melalui http: //www.wordtracker. com). Kirim halaman statis ini bersama dengan semua halaman dinamis di berbagai mesin pencari, sesuai dengan pedoman pengiriman mesin pencari.

Bagaimana Amazon.com, Toko Buku Terbesar Bumi, mengatasi masalah pengindeksan URL dinamis?

Pencarian di Google untuk buku pemasaran internet, menghasilkan hasil yang membawa Anda langsung ke halaman dinamis yang sesuai di Amazon: http://www.amazon.com/exec/obidos/ISBN%3D0395683297/103-0475212-8205437.

Karena URL di atas tidak mengandung string kueri, semua mesin pencari dapat mengindeks produk Amazon.com. Amazon.com menggunakan metode ini untuk mendapatkan pilihan produknya diindeks oleh mesin pencari. Ini sangat penting bagi Amazon, karena menjadi toko buku online, sangat wajar bagi mereka untuk mengadopsi URL dinamis namun sama pentingnya bagi mereka untuk membuat indeks dinamis mesin pencari URL dinamis mereka ramah.

Kesimpulan

Bahkan beberapa tahun yang lalu, sebagian besar mesin pencari utama tidak mengindeks URL dinamis, sehingga sering mencegah peringkat mesin pencari teratas untuk toko online. Dengan Google mulai mengindeks URL dinamis beberapa bulan yang lalu, gambar akan berubah dalam beberapa hari mendatang.

Ini lebih karena posisi numero uno Google saat ini sedang terancam oleh Microsoft MSN (mengembangkan mesin pencari sendiri) dan Yahoo! yang baru-baru ini mengakuisisi Overture, pemain terbesar di industri Mesin Pencarian PPC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *